Manfaat Buah Bintaro yang Perlu Diketahui Banyak Orang

Setiap kali mendengar nama ‘bintaro’, biasanya yang terbayang adalah sebuah kawasan pemukiman yang ada di sebelah selatan Jakarta dan masuk dalam wilayah Tangerang Selatan. Tidak salah, sih karena nama ‘bintaro’ memang dipakai di kawasan tersebut. Namun, jangan salah, ternyata bintaro itu juga merupakan nama pohon. Menurut sejarahnya, daerah tersebut memang dahulunya banyak ditemukan pohon bintaro sehingga nama pohon tersebut dinisbahkan ke nama kawasan di sana.

Pohon bintaro (Cerbera Manghas) merupakan sejenis tumbuhan di daerah pantai atau paya dan merupakan  bagian dari ekosistem hutan mangrove dan biasa dimanfaatkan sebagai tanaman peneduh jalan. Pohon ini biasanya memiliki tinggi hingga mencapai 12 meter. Secara alami, tanaman ini kemudian menyebar di daerah tropis Indo Pasifik.

Sekilas, pohon dan buah bintaro mirip dengan buah mangga, belum lagi buah bintaro akan berubah warna menjadi merah tua ketika telah matang. Namun, jangan salah, buah bintaro tidak boleh dikonsumsi sebab mengandung racun yang dapat membahayakan jiwa.

Meski demikian, buah bintaro ini memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk membantu manusia. Beberapa di antaranya adalah

1. Pengusir Tikus

Banyak tikus berkeliaran di rumah Bunda? Tentu saja, kehadiran hewan pengerat ini sangat menganggu, baik dari segi estetika maupun dari segi kesehatan. Hewan ini memang terkenal jorok sehingga kehadirannya membuat tidak nyaman.

Baca Juga: Rumah Bersih dan Nyaman Tanpa Tikus

Nah, untuk mengusir hewan tersebut, Bunda bisa memanfaatkan buah bintaro. Ternyata, buah ini mengandung racun cerberin yang bisa merusak syaraf pusat otak tikus. Letakkan bintaro begitu saja di tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Dengan penciumannya yang sangat tajam, binatang pengerat ini  kemudian akan menghindar dan pergi menjauh. Rumah pun aman dari gangguannya.

2. Bahan Bakar Alternatif

Buah bintaro ternyata dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Dari hasil penelitian Faperta IPB, menunjukkan jika minyak dari buah bintaro layak digunakan sebagai bahan bakar. Bahkan bau, asap dan residu lainnya juga tergolong aman.

3. Biopestisida

Tidak hanya buahnya, ternyata daun bintaro yang telah dijadikan ekstrak kerap dijadikan biopestisida, belum lagi larutan yang berasal dari campuran buah bintaro mampu mematikan hama-hama yang kerap mengganggu di perkebunan, seperti halnya ulat grayak dan ulat bawang.

4. Bahan Baku Lilin

Saat listrik padam, benda yang paling banyak dicari adalah lilin. Nah, ternyata buah bintaro juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan lilin. Minyak yang dihasilkan bintaro sangat banyak, salah satunya adalah dijadikan sebagai bahan baku pembuatan lilin.

5. Obat Luka

Salah satu suku yang ada di tanah air, yaitu suku Muna yang ada di Wakarumba, Sulawesi Utara, ternyata kerap memanfaatkan buah bintaro sebagai obat luka. Kandungan cerbera odollam yang terkandung pada buah bintaro diketahui mampu menyembuhkan luka.

6.Bahan Tekstil

Kandungan senyawa buah bintaro juga dimanfaatkan oleh pengusaha tekstil karena dapat memberikan warna dan kualitas yang bagus pada hasil tekstilnya.

Masih banyak lagi manfaat buah bintaro. Ternyata, meski buah ini tidak dapat dikonsumsi manusia, Bunda masih bisa memanfaatkannya untuk kegunaan yang lain. Bahkan, suku dayak juga kerap menggunakannya sebagai racun yang dioleskan pada anak panahnya, lho!

Baca juga: Mengupas 7 Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Seperti itulah Allah menciptakan semua yang ada di muka bumi. Tak ada yang sia-sia dan diciptakan percuma, melainkan pasti ada kegunaannya. Hanya saja, kemampuan kita sebagai manusia belum sampai untuk mengetahui apa-apa saja semua kegunaan ciptaan Allah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *