Ada Apa Setelah Ramadan Berlalu?

Bulan suci Ramadan sebentar lagi akan meninggalkan kita semua. Bulan mulia itu akan pergi dan digantikan dengan datangnya bulan Syawal, bulan tempat kaum muslimin bersuka cita karena di dalamnya terdapat hari raya Iedulfitri, hari raya kaum muslimin.

Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya banyak orang melakukan ketaatan, seperti mengerjakan puasa selama satu bulan, menambah ibadah shalat dengan shalat tarawih dan tahajud, dan banyak melakukan sedekah. Hal ini dilakukan karena kita semua mengetahui bahwa barang siapa yang melakukan amal kebaikan di bulan tersebut maka pahalanya akan dilipatgandakan. Tentu saja, keutamaan ini sangat sayang jika disia-siakan.

Ada Apa Setelah Ramadan?

Ada apa setelah Ramadan? Ya, pertanyaan ini harus kita tanyakan seiring mentari di ufuk barat mulai meredup. Pertanyaan yang akan membuat kita merenung dan berpikir untuk senantiasa menghadirkan suasana Ramadan di mana pun dan kapan pun kita berada.

Setelah bulan Ramadhan berlalu, apakah kebaikan demi kebaikan yang telah kita kerjakan harus berhenti sampai di sini? Tentu saja, hal itu jangan sampai terjadi. Karena sesungguhnya, bulan Ramadan dapat diibaratkan seperti kawah candradimuka. Tempat penggemblengan kaum muslimin agar terbiasa melakukan kebaikan demi kebaikan.

Baca Juga: Yuk, Ajarkan Anak Menebarkan Salam Sejak Dini

Diharapkan, usai masa penggemblengan itu berlalu, kita telah terbiasa melakukan kebaikan demi kebaikan dan kebiasaan itu terus berlanjut di sepanjang hidup kita. Jangan sampai kita menjadi sebagaimana yang disebutkan oleh salah seorang ulama salaf,

Mereka adalah sejelek-jelek orang, karena mereka tidak mengenal Allah kecuali hanya di bulan Ramadan

Semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan yang disebutkan oleh ulama salaf tersebut. Golongan orang-orang yang hanya melakukan kebaikan dan beramal saleh di bulan Ramadan. Namun, setelah bulan Ramadan berlalu, mereka kembali kepada kebiasaan-kebiasaan buruknya di masa lalu.

Baca juga: 10 Hal Ini Akan Dirindukan Kala Ramadhan Berlalu

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan taufiq-Nya agar kita senantiasa istiqomah berada di jalan-Nya. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *